Pages

Sabtu, 26 Desember 2015

Solusi Mengatasi Android Mati Total (Bricked)

Cara memperbaiki Smartphone Android ataupun iPhone yang mati total dengan datang ke service center mempunyai beberapa resiko, selain data foto dan video kita terutama jika bersifat pribadi bisa diambil dan disalahgunakan saat smartphone kita bisa terselamatkan harga perbaikannya pun kemungkinan cukup tinggi. 

Saat kita melakukan travelling tiba-tiba Android Samsung baik Tab 1, 2 ataupun 3, Samsung Tab 4s ataupun Samsung Galaxy Tab 5 milik kita tiba-tiba hanya muncul logo Android dan ada tulisan : "Downloading, Don't Turn off Target!" ini kejadian saya alami saat berlibur ke Garut.

Karena kebetulan membawa laptop dan ada jaringan wifi di sekitar tempat wisata di Garut yang saya datangi akhirnya saya mendapatkan sedikit info untuk memperbaiki dan trouble shoting jika tiba-tiba Smartphone milik anda mengalami hal yang sama.

Langkah melakukan perbaikan phone tablet android yang mati mempunyai seni sendiri, kenapa? Pikirkan bila phone tablet android kita mati keseluruhan (hard bricked), saat ditekan tombol power tidak ingin menyala cuma getar-getar saja tak bereaksi apa-apa. Lalu service centre mengklaim bahwa motherboard rusak serta butuh ditukar lantas kita disuruh cost ubah motherboard tablet seharga Rp 800 ribu, walau sebenarnya harga tablet cuma 1 jutaan. Aaargh ; (

Smartphone / tablet android yang mati keseluruhan tidaklah senantiasa rusaknya motherboard. (terkecuali tablet kita pernah terinjak/jatuh atau kecebur dilaut atau memanglah cacat product). Tablet itu tiap-tiap dipencet tombol power tidak ingin menyala.

Tetapi dengan sebagian usaha pada akhirnya tablet android yang mati itu dapat menyala kembali tanpa ada ganti cost ubah motherboard tablet dengan harga mahal.
Langkah melakukan perbaikan Phone-Tablet Android Mati Total

  1. 1. Beragam pemicu yang tidak sama bakal memastikan langkah menyalakan kembali phone/tablet android yang mati. Baterai drop, charger rusak, modifikasi sistem android dan lain-lain bisa jadi pemicu android mati. Ketahui tanda-tanda yang berlangsung saat sebelum android kita mati keseluruhan, apakah baterai tak dapat dicharge, atau mungkin saja kita lakukan modifikasi spesifik. Umpamanya coba mengubah partisi memory internal tablet ke micro sd lantaran kekurangan memory. Beberapa pemakai rancu pada Android bootloop serta hardbricked. 
  2. 2. Prinsip perbaikan android mati baik bootloop atau bricked (mati keseluruhan) lantaran rusaknya software (atau salah flashing firmware/rom) serta membutuhkan sistem flashing/install lagi, pada prinsipnya sama langkah mengatasinya. Umumnya jalan keluar rusaknya software ditetapkan berdasar pada spesifikasi hardware, umpamanya tipe CPU apakah memakai Allwinner, Marvel, MTK, Qualcomm msm, atau yang lain. Saksikan juga spesifikasi resolusi serta tipe LCD (IPS, Amoled, TFT Capacitive dan lain-lain), Kemampuan Internal ROM (4GB, 8GB dan lain-lain) dan kemampuan memory Ram nya. Bila mungkin saja saksikan versus kernel android yang dipakai. Banyak pemakai mungkin saja bingung langkah menangani android yang mati keseluruhan dengan cara pas lantaran terjerat untuk mencari jalan keluar berdasar pada merknya saja, walau sebenarnya dalam 1 merk vendor mereka jual beragam varian dengan tipe hardware yang berlainan. Hingga bila phone/tablet android itu mati, langkah menangani dapat tidak sama pada tipe seri A serta tipe seri B, meskipun merknya sama. 
  3. 3. Hard bricked : itu yaitu keadaan phone-tablet android yang mati paling kronis, yang dikarenakan rusaknya partisi flash memory internal (eMMC) bricked. Ciri-cirinya tak dapat masuk recovery, baik recovery bawaan rom ataupun cwm recovery. Monitor lcd gelap tak menghadirkan gambar apa pun, cuma bergetar waktu tombol power dipencet. Bila masih tetap terdeteksi laptop/pc pemecahannya yaitu dengan ADB command atau mungkin dengan langkah flashing memakai mode fastboot. Bila ada pemakai tipe seri yang sama pernah berbagi langkah melakukan perbaikan android yang mati keseluruhan, (hardbricked) pasti itu bisa jadi jalan keluar paling baik. Tetapi bila belum ada, fokuslah pada spesifikasi hardwarenya. Pemakai merk advan janganlah konsentrasi dimerk advan saja, merk mito janganlah konsentrasi di merk mito, sekian perihal android yang mati untuk merk yang lain seperti advan, axioo, beyond, cyrus pad, epad, imo, samsung, huawei, dan lain-lain. Carilah jalan keluar langkah menyalakan kembali phone-tablet android yang mati keseluruhan dengan lihat spesifikasi hardware. Beda hardware beda langkah. Pakai Google search engine untuk rekomendasi berdasarkan spesifikasi hardware kita bukanlah berdasarkan merk, bila tablet punya kita yang mati memakai cpu mtk, ya konsentrasi mencari jalan keluar solved masalah android mtk. Untuk phone-tablet android yang mati lantaran memanglah berlangsung rusaknya hardware, silakan hubungi tempat service tablet yang terpercaya untuk perbaikan. Baca artikel tentang android mati lantaran baterai drop dan permasalahan charger phone tablet rusak. Bila jalan keluar untuk phone/tablet android mati keseluruhan yaitu dengan flashing rom, spesifikasi hardware mesti di perhatikan. Langkah flashing memakai SP flash tool (MTK), Livesuits (cpu Allwinner), adb command, fasboot dan lain-lain prinsipnya sama serta akan tidak beralih, jadi tekunilah prinsip basic pemakaian semasing software flash android itu. 
Selanjutnya kunjungi website vendor yang jual merk ponsel/tablet android untuk download firmware original (stok rom). Untuk flashing di mode fastboot butuh sistem image (img). Bila vendor tak sediakan link download rom, anjuran saya 'Jangan lagi beli merk phone/tablet yg tidak sediakan support link download firmware/rom'. Ini tanggung jawab mereka. Ada banyak merk lokal lain dengan support service tambah baik serta memberi link download firmware.

Langkah yang lain yaitu dengan mencari download firmware android merk lain yang spesifikasinya serupa dengan hardware phone tablet kita, kunjungilah beragam komunitas seperti longe kaskus, xda developer dan lain-lain. Sayang langkah tersebut butuh saat, kesabaran serta pulsa modem internet unlimitted untuk coba beragam rom yang serupa hingga ketemu yang pas. Inilah seninya untuk androiders, tetapi bila pembaca bukanlah seseorang pemakai yang sukai oprek android serta lebih memprioritaskan pemakaian phone tablet untuk mensupport kesibukan sehari-hari dan effesiensi, sungguh... baiknya hubungi teknisi-tempat perbaikan phone tablet android.

Tekunilah prinsipnya bukanlah rinciannya, lantaran prinsip akan tidak beralih. Bacalah rekomendasi tutorial dengan cermat saat sebelum mengaplikasikannya, terlebih phone tablet yang bricked. Tak ada langkah instant di sini, serta ada beberapa ribu tipe seri phone tablet android dengan beberapa ribu firmware/custom rom tidak sama juga, tetapi bila prinsip-prinsip basic langkah perbaikan software (langkah flashing) android telah kita kenali, hal semacam ini bakal menolong mempermudah kita untuk lakukan langkah melakukan perbaikan sendiri android yang mati keseluruhan.

Untuk lebih jelasnya saya pernah melakukan upload dalam memperbaiki smartphone milik anak saya yang diberi judul : "Solusi Smartfren Andromax tidak bisa dicas / Charger Baterai Rusak" walaupun suaranya kurang jelas tapi cara yang diberikan cukup ampuh dan berhasil menyelamatkan smartphone milik anak saya, dan ketika dicoba di Samsung Tab 3 milik saya SM T-311 alhamdulilah bisa kembali normal.

0 komentar:

Posting Komentar