Pages

Rabu, 07 Oktober 2015

Takut Arung Jeram Karena Tak Bisa Berenang? Ini Solusinya

Tips Rafting yang aman bagi para wisatawan yang ingin merasakan sensasi berarung jeram akan tetapi tidak bisa berenang dan takut tenggelam bisa dibaca di artikel di bawah ini. Menjelang Bulan Oktober 2015 hujan mulai turun sehingga banyak yang mulai kembali melirik wisata arung jeram di garut yang sepi pada saat musim kemarau kemarin. 




Arung jeram atau rafting saat ini jadi salah satu alternatif berwisata terkecuali berkunjung ke tempat wisata di Garut yang biasa dan standar. Tetapi, tak kebanyakan orang berani menjajal wisata ekstrim ini. Umumnya orang takut tenggelam lantaran tak dapat berenang serta kecemasan yang lain.

" Walau sebenarnya, arung jeram yang dikerjakan sesuai sama prosedur serta ketetapan yang diputuskan, arung jeram dapat jadi wisata yang sangatlah mengasyikkan, " kata Miki Setya, salah satu pengelola Progo Xventours di Kota Magelang, Kamis (23/4/2015).

Menurut Miki, ada banyak hal yang perlu di perhatikan saat sebelum wisatawan terjun menyusuri sungai, seperti mengetahui type, ciri-ciri, serta grade (tingkat jeram) sungai tersebut. Miki mengatakan, di lokasi Magelang ada dua sungai yang kerap jadi tempat wisata arung jeram, yaitu Sungai Elo dan Sungai Progo Atas serta Bawah.




"Sungai Progo sisi atas dan Sungai Cimanuk Garut, masuk grade 3 serta Kali Elo grade 2 hingga masuk kelompok aman untuk pemula serta anak-anak diatas delapan th., bahkan juga untuk yg tidak dapat berenang sekalipun, terutama untuk beberapa spot aman arung jeram untuk anak-anak dan para pemula bisa dicoba di Sungai Cimanuk Garut"

Sedang, sungai Progo sisi bawah termasuk juga grade tinggi pada 4 hingga 5, berarti sungai itu mempunyai arus sungai kuat serta mempunyai jeram yang termasuk ekstrim. Arung jeram di sungai ini harus dikerjakan oleh orang yang profesional.

Setelah itu, kata Miki, wisatawan juga mesti memerhatikan cuaca serta debet arus sungai. Bila cuaca hujan yang menyebabkan debet air sungai melampaui batas aman jadi wisatawan tak diperbolehkan untuk arung jeram. Juga, saat kemarau, debet air sangatlah kecil hingga banyak bebatuan yang bisa saja membahayakan wisatawan. 

Jika anda berminat untuk mencoba Jeram Grade 3 di Sungai Cimanuk Garut, bisa langsung menghubungi admin blog ini dan tidak usah takut seandainya tidak punya kemampuan untuk berenang dikarenakan anda akan didampingi guide dan skyper yang ahli dan sudah berpengalaman di beberapa jalur pengarungan yang ada di kabupaten Garut.

0 komentar:

Posting Komentar