Pages

Sabtu, 24 Oktober 2015

Pemandian Air Panas Darajat Menjadi Bibit Unggul Tempat Wisata di Garut

Untuk Mendapatkan wisata yang aman dan nyaman ternyata tidak terlalu sulit. Seperti Garut yang mempunyai beberapa tempat wisata yang bisa menjadi pilihan untuk para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk memilih beberapa tempat untuk berekreasi. Varian wisata di Garut pun makin banyak pilihan seperti outbound, paintball, sampai Arung Jeram

Seperti pun halnya pemandian air panas yang dulu pernah di dominasi Cipanas. Sampai kini, untuk umumnya wisatawan yang bertandang ke Garut, salah satu maksud wisatanya yaitu pemandian air panas Cipanas Garut yang terdapat di kaki Gunung Gede atau Gunung Guntur. Dalam satu lokasi ini ada beberapa puluh kolam renang air panas, bungalow, restoran serta Hotel. Sehari-hari libur, lokasi Cipanas senantiasa ramai, terlebih berlibur Idul Fitri, pasti berdesakan. Terkecuali jadi maksud wisata untuk warga Garut serta warga Garut yang telah lama tinggal di kota, Cipanas Garutpun jadi maksud wisata untuk wisatawan lokal dari seputar Jawa Barat. Hingga layak saja bila musim berlibur itu senantiasa dipadati pengunjung. 







Kepadatan pengunjung juga sebagai satu bukti daya tarik wisata Garut itu adalah salah satu keunggulan. Tetapi pada segi lain, bila kepadatan itu telah melebihi kemampuan sudah pasti jadi tak asik serta menarik untuk pengunjung sendiri. Satu saat pada berlibur lebaran satu tahun lebih lantas, saya pernah mandi di salah satu Cipanas, pengunjungnya sungguh padat, bahkan juga parkirpun cukup sulit lantaran padatnya. 

Begitu juga sesudah masuk ke arena kolam renang, panorama jadi tidak enak serta tidak nyaman lantaran didalam kolam renangnya penuh. Hingga tak dapat berenang cukup berendam saja. Selain itu lantaran siklus pengunjung padat, air kolam jadi cepat keruh. Sudah pasti mustahil mesti dikuras dulu oleh pengelola ketika jam bertandang lantaran sama juga dengan mengusir pengunjung tersebut. Alhasil, kepadatan justru bikin tidak nyaman. 

Air panas yang bersumber dari lokasi Gunung Merapi, sebenarnya bukanlah satu atau dua saja di lokasi Garut, Ada Papandayan, Talaga Bodas serta Darajat. Bila pemerintah serius sebenarnya mungkin bikin alternative wisata air panas dengan panorama pegunungan yang asri terkecuali Cipanas. Tetapi sudah pasti bukanlah hal gampang bikin proyek wisata dari mulai 0. Terakhir, saat ini nampak Kolam Renang Air Panas di Lokasi Samarang-Pasir Wangi tepatnya. Dulu saat kecil, saya masih tetap ingat ada daerah yang namanya Toblong. Toblong yaitu nama tempat di mana ada pemandian umum terbuka dengan air panas yang masih tetap ada blerangnya. Pemandiannya seperti kamar mandi berbarengan dengan pancuran air menggelontor. Konon gelontoran air pancur itu bisa mengobati penyakit korengan yang waktu itu saya derita lantaran masih tetap memiliki kandungan blerang. 







Saat ini, sesudah ada akses jalan yang bagus mulai bermunculan obyek wisata. Ada kawah Darajat, hamparan perkebunan dengan situasi puncak, yang baru yaitu Kolam renang air panas. Kita dapat juga melihat-lihat Lokasi Chevron, suatu perusahaan multinasional yang mengeruk daya panas bumi dari tanah Pasirwangi. 

Untuk kolam Renang terdapat dua tempat kolam renang yang pertama seputar 8 km dari Garut kota serta yang ke-2 seputar 12 km. Salah satu keunggulan dari tempat wisata ini yaitu masih tetap jarangnya pengunjung wisata air panas itu hingga dapat leluasa nikmati berlibur disbanding Cipanas yang padat pada hari libur. Di samping itu, pemandangannya masih tetap asri, hamparan tempat pertanian selama jalan serta tempat yang di buat senyaman mungkin saja. Saung-saung untuk kumpul keluarga sudah disiapkan dengan cost sewa supermurah. Saung-saung diletakkan dengan design bukit-bukit. Tersebut salah satu panorama yang saya abadikan pada salah satu obyek wisata kolam renang Darajat.

Air panas ini di ambil segera dari tempat pegunungan Darajat yang juga digunakan energy Panas Buminya untuk kepentingan penerangan di lokasi Jawa serta Bali dengan pengelola pihak asing Chevron. Air panas itu sebenarnya sudah lama dipakai warga untuk semua kepentingan ; mandi, bersihkan, serta obat. Tetapi untuk kepentingan wisata baru di kembangkan satu tahun lebih. Bahkan juga salah satu tempat wisata air panas menurut pengelola yang pernah saya wawancarai baru beroperasi seputar 3 bln. saja. 

Untuk akses jalan untuk pemakai kendaraan pribadi cukup gampang, dari Alun-alun Tarogong menuju jalan Samarang serta dari Samarang menuju arah Pasir Wangi belok di daerah Palnunjuk. Sesaat untuk beberapa pemakai angkutan umum cukup naik angkot satu kali dari terminal Guntur jurusan Pasir Wangi Berwarna putih oranye. 

Bila telah jemu berenang, pengunjung bisa meneruskan wisata alamnya ke lokasi pertanian Pasirwangi, puncak darajat atau kawah Darajat. Disana pengunjung bisa nikmati hamparan pertanian yang luas dengan situasi puncak. 

Kolam air panas darajat yang telah berkembang dengan pesat ini menjadi salah satu tempat wisata di garut yang menjanjikan dan tentunya menguntungkan untuk para investor maupun masyarakat sekitar. Terakhir, untuk para wisatawan yang akan mengunjungi garut bisa mendapatkan informasi dari situs tempat wisata di garut mengenai beberapa tempat unik di Garut atau bahkan Tempat Beribadat yang Berada di Kota Garut.

0 komentar:

Posting Komentar