Pages

Jumat, 09 Oktober 2015

Hutan Mati Gunung Papandayan

Hutan Mati Gunung Papandayan mempunyai daya tarik tersendiri bagi kami, saat tertarik dan ingin mencoba melakukan pendakian ke Gunung Papandayan kami mencoba menghubungi Agen Travel terpercaya dan sudah sangat berpengalaman di Garut yaitu CV Hotel di Garut.

Dikarenakan perjalanan kami akan dimulai di malam hari dan datang diatas jam 12 malam kami didampingi oleh pemandu wisata terbaik di Garut HdG Team Trip Planner & Event Organizer, maklum usia kami sudah tidak muda lagi walaupun kami sudah terbiasa mendaki beberapa Gunung baik di Indonesia ataupun di luar negeri.







Karena kami tidak mau ribet dengan berbagai detail di lapangan, kami memesan paket sunrise Papandayan kepada ahlinya yaitu HdG Team Trip Planner & Tour Organizer untuk merancang perjalanan kami dari awal sampai dengan pulang, dengan harga yang terjangkau dan melakukan transfer kepada agen travel terpercaya CV Hotel di Garut.

Kami datang ke Garut hampir jam 2 malam dengan starting point di alun-alun Bayongbong serta bertemu dengan salah satu Garut Tour Guide perwakilan dari HdG Team Trip Planner. Perjalanan pendakian diawali dengan naik ojek sampai dengan terminal Gunung Papandayan dan dilanjutkan berjalan kaki ke beberapa lokasi yang bisa kita lihat dokumentasinya di bawah ini.






Gunung Papandayan yaitu gunung berapi yang spektakuler. Ada lima pesona yang bikin Gunung Papandayan layak untuk didaki. Papandayan terdapat di Garut serta gampang dijangkau. Sekarang ini yaitu saat yang pas mendaki Gunung Papandayan hingga pertengahan bln. September. Apa pesona Gunung Papandayan hingga juga pas untuk beberapa pemula serta bahkan juga keluarga. Mari kita simak pesona Gunung Papandayan dengan dengan hati senang ria suka ria suka sentosa pesta-pora nikmati keindahan alam semesta selamanya.

Pertama, terkecuali dekat kota Garut, Gunung Papandayan mempunyai trek landau. Mendaki gunung yaitu kesenangan spesial : ketertarikan spesial. Mendaki gunung yaitu perihal mengukur kekuatan diri. Untuk beberapa pendaki gunung pemula serta manja, Papandayan tawarkan seluruhnya pengalaman mendaki gunung. Papandayan juga dapat dijangkau dengan sedikit usaha tetapi besar pesonanya. Untuk pendaki pemula serta anak-anak dapat coba mendaki Papandayan.







Ke-2, tak membutuhkan peralatan spesial terlalu berlebih. Mendaki Gunung Papandayan cuma diperlukan alat standard. Tak perlu tabung oksigen lantaran ketinggian Gunung Padandayan yang cuma pada kisaran 2, 665 mdpl. Tak ada seperempat Gunung Himalaya, Mt. Everest. Keindahan Papandayan terdapat pada hamparan panorama kawah di selama jalan menuju puncaknya. Kawah Papandayan menyebar dalam radius serta rentang beberapa puluh km..

Ketiga, pesona panorama di selama trek menuju puncak sangatlah indah. Di selama perjalanan, demikian keluar dari tempat parkir menuju Kawah Papandayan, dalam jarak tidak kian lebih 300 mtr., pendaki telah disajikan panorama jalan bebatuan sisa kawah letusan Gunung Papandayan. Semua lokasi kawah yang dilintasi menuju puncak Papandayan yaitu kawah sisa letusan Gunung Papandayan purba.

Besarnya letusan serta besaran puncak kerucut Papandayan sudah pupus. Yang tersisa saat ini yaitu hamparan kawah Papandayan. Bebatuan berwarna putih kekuningan serta kuning kekuningan yaitu bekas saksi kedahsyatan letusan Gunung Papandayan purba. Tebing-tebing di semua penjuru Papandayan di selama trek pendakian – atau tepatnya perjalanan yang landau – tunjukkan keindahan luar umum. Bahkan juga di sebagian tempat kontur tebing masih tetap sangatlah labil. Serta longsor. Tetapi lonsoran sudah terbentuk di tebing yang lumayan jauh dari jalur trek serta tidak membahayakan pengunjung.

Ke empat, bisa dijangkau serta didaki kurun waktu relatif singkat serta ada sarana di puncak Gunung. Perjalanan menuju tempat menancapkan tenda bisa diraih dalam 4-5 lima jam : enjoy. Di sekitaran tenda, spesial di Papandayan, ada tempat mandi serta toilet dengan air mengalir sepanjang 24 jam. Juga ada musholla. Sekali lagi, ini di Gunung Papandayan bukanlah di rest ruang jalan tol. Jadi sarana air bersih serta MCK ada di Papandayan. Bahkan juga ada pedangang makanan gorengan serta nasi kuning.

Ke lima, pesona spesial hutan mati serta kawah yang bertebaran. Vegetasi khas gunung tumbuh di Papandayan. Tetapi, disebabkan letusan 11 November 2002, terbentuklah hutan mati yang khas. Arah letusan Gunung Papandayan atau tepatnya bekas Gunung Papandayan purba, terbentuk hutan mati. Hutan mati hingga saat ini masih tetap lestari. Tetapi, anehnya, walau terbakar habis serta tersisa pohon-pohon yang mati, disana-sini akar-akar pohon-pohon mulai menghijau. Sesudah tiga belas th., hutan mati perlahan-lahan bakal hidup kembali dengan penuh kehijauan.

Jadi untuk nikmati hutan mati, pendaki jangan sempat kehilangan momentum bikin masa lalu berkenaan hutan mati. Selekasnya ke Papandayan serta nikmati keindahan hutan mati. Perjalanan menuju hutan mati dari tenda Anda, baiknya diawali seputar jam 04 : 00 supaya dapat nikmati sunrise di hutan mati. Di situlah keindahan sunrise yang spektakuler.

Ke enam, hamparan Edelweiss yang luar umum luas. Terkecuali hutan mati, keindahan Papandayan yaitu hamparan tanaman bunga Edelweiss di Tegal Alun. Hamparan Edelweis di Tegal Alun ini sungguh indah di nikmati. Trek menuju ke Tegal Alun ini bisa diraih lewat hutan mati. Dari hutan mati, trek menuju ke Tegal Alun lumayan menanjak serta terjal. Tetapi gajinya yaitu hamparan bunga Edelweiss yang demikian memesona.

Selama mata melihat, Edelweiss terlihat di depan mata hingga hutan di perbukitan yang hijau. Catatan utama, Anda tak diijinkan menuai bunga Edelweiss. Yang layak di perhatikan, kadang-kadang Gunung Papandayan mendatangkan udara dingin yang menusuk tulang saat malam hari.

Karenanya, butuh standard kantong tidur berbulu angsa untuk anak-anak, bila membawa bayi atau anak kecil. Papandayan senantiasa dikunjungi serta didaki oleh beberapa ribu orang, terutama pada musim berlibur atau akhir minggu. Yang tidak kalah menariknya, bila Anda atau anak Anda lelah dapat naik ojek hingga ke Pos II dengan biaya seputar Rp 70, 000, atau nego. Menarik bukan?

Jadi, untuk beberapa pendaki pemula serta bahkan juga keluarga yang mau memberi pengalaman berpetualang pada anak, istri, suami, keponakan, silahkan mulai petualangan dengan berkunjung ke atau mendaki Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat, Indonesia Raya. Mari nikmati foto-foto koleksi pendakian saya sebagian waktu lalu. Jadi tunggulah apa lagi, mari nikmati 6 pesona Gunung Papandayan yang tidak ada ditempat lain. 

Perjalanan kami ke Gunung Papandayan sangat puas dengan pelayanan dari HdG Team Trip Planner selain itu Gunung ini mempunyai pemandangan yang indah dan sangat ringan pendakiannya sehingga menarik minat banyak pendaki pemula untuk mengunjunginya. 

0 komentar:

Posting Komentar