Pages

Rabu, 23 September 2015

Gunung Cikuray Terbakar

Gunung Cikuray Terbakar, setelah sebelumnya Papandayan dan Guntur kali ini giliran Cikuray yang terbakar dikarenakan ulah manusia yang kurang peduli dengan kelestarian alam dan lingkungannya.  Alhamdulillah kejadian Gunung Cikuray Terbakar tidak merembet lebih luas lagi, hanya sekitar seluas 2,35 Ha setelah (Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia) FK3I Wanakumbara dibawah koordinasi King Muhammad dan masyarakat sekitar bahu membahu memadamkan api yang berkobar di sekitar lokasi kejadian.

Tempat hutan di lokasi Gunung Cikuray, Kabupaten Garut, Jawa Barat, terbakar, Rabu siang. Petugas penjaga tower di Puncak Cikuray, Wildan menyampaikan, kobaran api di tempat hutan itu baru di ketahui seputar jam 14. 00 WIB.



" Peristiwanya tadi siang, pemicunya tidak paham, " kata Wildan seperti diambil dari Pada, Rabu (23/9). Ia menyampaikan, kobaran api di hutan itu mulai mendekati lokasi tower pemancar tv lokal ataupun nasional. " Ya mulai mendekati lokasi pemancar, " kata Wildan.


Kepala Tubuh Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Dadi Zakaria membetulkan ada kebakaran di lokasi hutan Gunung Cikuray. Pihaknya sudah menerjunkan beberapa petugas untuk berusaha memadamkan api supaya tak selalu meluas.

" Ya ada api diatas, saat ini lagi diupayakan pemadaman, " kata Dadi. Kebakaran hutan tidak cuma menempa lokasi Gunung Cikuray tetapi pernah berlangsung di Gunung Papandayan serta Gunung Guntur, Kabupaten Garut. Momen kebakaran itu berlangsung berkali-kali mulai sejak masuk musim kemarau.

Petugas berwenang belum meyakinkan pemicu paling utama kebakaran hutan di Garut, tetapi sangkaan sesaat disebabkan perbuatan manusia yang buang puntung rokok asal-asalan, dan api dari bekas kesibukan orang yang berkemah.

0 komentar:

Posting Komentar