Pages

Senin, 20 April 2015

Asal Mula / Sejarah Olahraga Rafting Dunia

Arung Jeram merupakan salah satu Olahraga yang memacu Adrenalin dan juga cukup menantang bagi banyak penggemar olahraga ekstrem. Segala persiapan dan kesiapan team yang mendampingi Rafting dibutuhkan keprofesionalan dan keseriusan yang lebih fokus dibanding pendampingan paket wisata biasa. 

Arung Jeram merupakan sebuah olah raga menantang dan beresiko bagi orang awam, Tapi bagi seorang Rafter Profesional, olahraga ini memiliki sensasinya tersendiri. Dewasa ini Arum jeram sudah tidak asing, hampir semua orang tahu dan mungkin telah mencobanya. Tapi tahukah anda asal mula olahraga ini? Artikel ini akan mengupas sejarah arum jeram untuk anda.




Pada abad 19 seorang pramuka bernama John Macgregor mengembangkan kendaraan air untuk rekreasi dan olah raga. Seiring perkembangan zaman, orang tertarik akan keindahan dan lingkungan sungai dan terus mengembangkan kegiatan ini. Material perahu ini juga berkembang hingga ke plastik, aluminium, fiberglass dan karet.

Selanjutnya orang mulai berfikir bagaimana caranya agar dapat mengarungi sungai dengan kendaraan yang dapat menampung penumpang lebih banyak dan perbekalan. Maka, setelah perang dunia II dibuatlah perahu bulat yang disebut”Basket Boat” karena bentuknya mirip keranjang. Namun perahu ini memiliki kekurangan selalu penuh dengan air bahkan melewati jeram yang kecil. Tapi basket boat ini masih dipergunakan sampai sekarang, contohnya pada sarana arum jeram di Dufan.

Di tahun 1950, Barulah diproduksi perahu khusus untuk arung jeram dengan bentuk khusus yang naik dibagian depan dan belakangnya dengan material yang lebih kuat dan dapat mengangkut orang dan perbekalan lebih banyak. Namun sebagaimana perahu pada biasanya, jika kemasukan air pasti haruslah ditimba keluar.

Sampai tahun 1983, para pengarung jeram harus menimba air keluar perahu setelah melewati jeram. Para pengarung jeram sering mengalami “mimpi buruk” bila harus kehilangan ember untuk menimba perahu.

Barulah pada tahun 1983 dibuat perahu yang dapat mengeluarkan air sendiri disebut”Self Bailer” berhasil diproduksi oleh Jim Cassady. Keunikan perahu ini adalah lantainya yang diberi angin. Lantai yang berisi udara ini akan selalu mengapung di atas permukaan air sehingga dengan sendirinya air keluar lewat lubang disekeliling lantai perahu.



Mayor John Wesley Powell seorang tentara Amerika disebut sebagai bapak Arung Jeram Dunia. Ia memperkenalkan arung jeram pertama kali dengan menyusuri sungai Colorado sejauh 250 mil yang melintasi gugusan tebing raksasa, yang kemudian diberi nama Grand Canyon. saat itu ia menggunakan perahu kecil yang tesusun dari papan kayu. pada perkembangan selanjutnya di benua Amerika dan Eropa, aktifitas menelusuri sungai tersebut ternyata berkembang menjadi sebuah olah raga highrisk yang cukup populer, dan dikenal dengan sebutan white water rafting.

Arung Jeram Garut merekomendasikan HDG Team sebagai pendamping anda dalam mengarungi Jeram di Sungai Cimanuk ataupun Cikandang sebagai pemandu wisata terbaik yang sudah berpengalaman dan sering melaksanakan berbagai event baik Paket Wisata Garut yang berhubungan dengan wisata sejarah, budaya, ziarah bahkan wisata adventure seperti Rafting dengan pelayanan maksimal dan harga Paket Arung Jeram Garut paling murah dan efesien. 

Ada beberapa titik start dan finish yang bisa dilakukan dalam mengarungi Jeram di aliran sungai Cimanuk Garut, akan tetapi bukan Sungai atau Jeramnya akan tetapi pastikan wisata apapun yang anda lakukan di kota Garut pastikan Team HDG yang beralamat di website www.hoteldigarut.net yang mendampingi para peserta tour ke Garut demi keamanan dan keselamatan serta kenyamanan bersama.

1 komentar: